Kamis, 28 Maret 2013

Profil klub Manchester City

Manchester City atau yang akrab dengan julukan 'The Citizen' adalah salah satu klub papan atas Liga Inggris yang berhasil meraih gelar sebagai juara liga primer inggris musim lalu (2011/2012), klub yang berada satu kota dengan Manchester United ini ternyata juga ditaburi oleh banyak pemain bintang, diantara nya adalah Carlos Tevez, Joe Hart, David Silva, Samir Nasri, Dzeko, dll.

Selain pemain-pemain tersebut, pihak Manchester City juga mengincar pemain-pemain handal lainnya di bursa transfer nanti karena pemilik The Citizen ini adalah seorang pengusaha yang kaya raya, ia bahkan mengeluarkan banyak sekali dana untuk merombak squad The Citizen termasuk membeli pelatih 'Roberto Mancini' yang sukses membawa City meraih piala FA dan Liga Inggris. The Citizen adalah Derby nya 'The Red Devils' mereka memiliki markas kebanggan bernama Etihad Stadion. Nah, berikut adalah Profil Lengkap Manchester City.


Nama lengkap Klub   :  Manchester City Football Club (Manchester City F.C)/ Man. City
Tanggal berdiri     :  1880 dengan nama West Gorton
Julukan             :  - The Citizen
                       - City     
                       - The Sky Blues
Stadion Kebanggaan  :  Etihad Stadion
Lokasi Stadion      :  Manchester, Inggris
Kapasitas Stadion   :  48.000
Pemilik Klub        :  Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Uni Emirat Arab)
Ketua Klub          :  Khaldoon Al Mubarak (Uni Emirat Arab)
Manajer/pelatih klub:  Roberto Mancini (Italia)
Bermain di          :  Liga Utama Premiere League Inggris
Situs Resmi         :  www.mcfc.co.uk

Manchester City adalah sebuah klub yang bermarkas di Etihad Stadion, Manchester, Inggris. Berbicara tentang sejarah klub ini, klub yang digawangi oleh berbagai pemain bintang ini dulu nya bernama West Gorton atau St. Marks, klub ini lahir di sebuah distrik timur kota Manchester, kemudian pada tahun 1887 berubah nama lagi menjadi Ardwick A.F.C, yang akhirnya di tahun 1897 secara resmi menggunakan nama 'Manchester City' hingga sekarang.

Pada era tahun 1980 an, klub yang di juluki The Sky Blues ini sempat mengalami 'masa kritis' mulai dari terdegradasi ke divisi tingkat III, kemudian kembali ke Tingkat II, dan hingga tidak bisa lolos ke babak semi final piala FA kala itu. City benar benar berada dalam masa kritis, hingga seorang pengusaha sekaligus perdana mentri Thailand mengambil alih klub ini, akhirny City berhasil kembali lagi ke liga utama English Premiere League. Namun, lantaran terkait kasus korupsi yang dilakukan oleh pemiliknya itu di Thailand, akhirnya City berpindah tangan ke  Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan seorang anggota kerajaan Abi Dhabi, Uni Emirat Arab, tepatnya tahun 2008. Dan saat itulah city mengalami perombakan besar, yang merekrut pemain-pemain bintang. Akhirnya musim 2011/2012 lalu, City sukses dengan hasil sebuah gelar juara liga Premiere Inggris. - Agen Sbobet

1 komentar: